Rabu, 21 Oktober 2015

Mengkaji Print Ad Pantene


Penanda & Petanda
  • Penanda :
Seorang wanita memakai hiasan bunga yang melihat ke arah kiri dan rambut yang terselip pada bambu-bambu
  • Petanda :
Dengan menggunakan shampoo Pantene Nature Fusion Pro-V System dengan bunga Cassia, rambut menjadi lembut, sehat tidak bercabang, tidak mudah patah serta kuat. Dari kemasan sampai isi produk ini juga mengandung bahan-bahan alami dan ramah lingkungan

Ikon
  • Rambut
  • Bambu
  • Wanita
  • Kemasan Shampoo
  • Vitamin
  • Bunga Cassia
  • Daun
Indeks




  • Pro-V : terdapat kandungan vitamin
  • Shampoo : produk tersebut adalah shampoo
  • Rambut yang menarik bambu : rambut yang kuat dan sehat
  • Up to 59% plant-based bottle excluding cap : Sampai dengan 59% kandungan tumbuhan-tumbuhan dalam pembuatan botol pantene, kecuali tutupnya.
  • Pantene Nature Fusion Pro-V System with Cassia make hair up to 10x stronger: terdapat kandungan vitamin dan bunga cassia yang membuat rambut menjadi 10x lebih kuat
  • Plus, new plant-based bottle make a healthy choice for the planet : kemasan pantene yang ramah lingkungan.
  • Check out facebook.com/Pantene : mengarahkan pembaca print ad untuk mengetahui lebih lanjut informasi yang lain ke link tersebut
  • * :  menandakan adanya keterangan tambahan
  • *vs. non conditioning shampoo , *strenght against damage vs. non conditioning shampoo  : kelebihan-kelebihan produk Pantene Nature Fusion ini dibandingkan dengan shampoo yang tidak ada conditionernya.
  • **Plant-based plastic has lower carbon footprint per gram vs. petroleum based plastic : fakta mengenai kemasan yang lebih ramah lingkungan ini di bandingkan dengan kemasan plastik pada umumnya.
Simbol :

  • Logo Pantene Pro-V
  • Warna hijau : alami
  • Warna putih : bersih
  • Warna emas : elegan
  • * - Bintang
Sosiologi :
  • Gender : perempuan
  • Usia : dewasa awal (21 - 40 tahun)
  • Profesi : wanita karir / wiraswasta
  • Demografis :
  • Pendidikan : Sarjana
  • Perkiraan pendapatan : diatas 5 jt
  • Kelas Sosial : middle class atas
  • Tempat tinggal : sub-urban : bagian kota (fungsi : tempat tinggal)
Daya tarik & Harapan dalam iklan tersebut :
  • Daya tarik : Rambut coklat yang mengkilap, lembut, sehat dan kuat yang dapat menarik dahan bambu.
  • Harapan : Pada jaman sekarang rambut wanita mudah rontok dan patah, sehingga orang tertarik membeli produk Pantene karena melihat wanita dengan rambut yang sehat dan mengkilap setelah memakai produk pantene
Mood yang dibangun oleh :
  • Alami  (Warna dominan : hijau, kuning, coklat ; Ilustrasi : bunga, bambu, daun)
  • Bersih (warna dominan : putih, putih adalah simbol dari bersih)
  • Relax (Warna dominan : hijau; Ilustrasi : bunga, bambu, daun)
  • Elegan (terdapat warna emas pada logo Pantene, mimik model)
Copy


  • Tagline : Hair So Healthy It Shines
  • Headline : Healthier Hair, Healthier Planet
  • Bodycopy : Pantene Nature Fusion Pro-V System with Cassia make hair up to 10x stronger. Plus, new plant-based bottle make a healthy choice for the planet
  • Gaya Bahasa : persuasif dan sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar