Jumat, 04 Desember 2015

Komunitas Young On Top Bandung

Apa itu Komunitas Young On Top ?

Komunitas Young On Top Bandung atau disebut juga YOT Bandung merupakan salah satu wadah self development untuk para pemuda dengan cara learn and share. Kenapa harus learn and share? Hal ini merupakan kontribusi yang sederhana dan mengena yang dapat dilakukan siapa saja, karena pada dasarnya setiap orang harus menambah kapasitasnya dengan selalu belajar dan tidak menyimpan untuk dirinya sendiri melainkan untuk dapat dibagi. Learn and share yang komunitas YOT Bandung lakukan ada dalam 3  bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Kenapa 3 bidang tersebut? Karena bidang tersebut cukup luas dan sebenarnya telah mencakup segalanya. Pada intinya komunitas YOT Bandung ingin memfasilitasi anak muda bandung yang memiliki ingin berkembang, berkontribusi positif dan memiliki ide yang dapat disalurkan di kegiatan YOT Bandung.

Norma, Aturan, Kepercayaan, Adat, Ritual, dan Artefak dalam Komunitas YOT Bandung

sumber : wawancara dengan Hani Handayani (Humas komunitas YOT Bandung)


Norma
Norma merupakan hukum tidak tertulis yang menjadi acuan normal atau tidak normal, namun jika tidak diikuti maka akan disebut 'aneh'.
Contoh : tidak mengucapkan kata terimakasih bila sudah diberi sesuatu
  • Norma dalam komunitas YOT Bandung adalah bukan berupa kata-kata verbal, tetapi berupa sikap. Seperti menghilang dari komunitas. Terkadang banyak yang menghilang tapi kemudian ada kembali. Sebenarnya para anggota dapat mentolerir asalkan ada konfirmasi dari yang bersangkutan. 
Aturan
Aturan merupakan hukum tertulis  yang menjadi acuan boleh atau tidak, namun jika tidak diikuti akan ada hukuman.
Contoh : dilarang merokok di lingkungan ini
  • Aturan dalam komunitas YOT Bandung adalah mengenai keanggotaan seperti ada aturan anggota pengurus dan non pengurus,hak dan kewajiban pengurus.
Kepercayaan
Kepercayaan merupakan sesuatu yang berkaitan dengan benar atau tidak dan mengarah kepada diri sendiri.
Contoh : seseorang menolak memakai produk kimiawi karena menganggap produk kimiawi itu berbahaya
  • Tidak ada kepercayaan karena sebenarnya komunitas YOT bukan komunitas yang memiliki interest yang sama antar anggota, kami sangat beragam. Sehingga tidak ada kepercayaan dalam komunitas.
Adat
Adat merupakan sesuatu yang diterima dan terus menerus dalam waktu yang lama
Contoh : makan dengan menggunakan tangan kanan
  • Saling mengintrospeksi satu sama lain diantara pengurus. Seperti sebelumnya pernah diadakan malam bersama antar pengurus yang dilakukan dirumah salah satu pengurus. Hal ini lebih membahas mengenai kepemimpinan anggota sebagai president, vice president, and minister mengenai kelebihan dan kekurangan juga saling memecahkan masalah bersama.
Ritual
Rangkaian merupakan aksi atau berupa upacara yang dilakukan dalam kegiatan tertentu
Contoh : Ospek adalah ritual penerimaan mahasiswa baru
  • Weekly meeting/sharing setiap sabtu atau disebut juga dengan Ririungan yang membahas hal apapun dengan komunitas lain atau dari internal YOT Bandung sendiri.
  • Team Building.
Artifak
Artifak merupakan hasil dari ritual/ kebudayaan.
Contoh : ospek hasilnya anak-anak menghormati dengan angkatan atas
  • Hasil ririungan ini terlihat dari peningkatan semangat para anggota komunitas YOT Bandung.
  • Hasil team buiding ini merupakan program baru dalam komunitas YOT Bandung.
AIO dalam Komunitas YOT Bandung

sumber : wawancara dengan Hani Handayani (Humas komunitas YOT Bandung)

Activities
  • YOT CLASS mengundang Andika Putra penulis Line marketing.
  • Weekly meeting/sharing mengundang delegasi PPAN jawa barat untuk Pertukaran Canada(ICYEP) dan JENESYS 2.0, Komunitas Creatrix, komunitas save street Child, AIESEC LC Bandung, Mahasiswa Berprestasi ITB, Pelatihan menulis oleh mapres UNPAD
  • Update Social Media @youngontop_bdg
  • Perayaan Event besar seperti YOT Share (buka bersama di panti asuhan), Cool Bike ( Peringatan hari Lingkungan Hidup)
  • Bedah Buku
  • Pembagian buku di perpustakaan Perguruan Tinggi di Bandung
Interest
  • Setiap anggota memiliki interest berbeda, tapi beberapa memiliki interest yang sama di bidang bisnis, seni, dan lainnya. Dalam bidang bisnis, kebanyakan dari mereka mengikuti perkembangan ekonomi dan memilih untuk menjadi smart shoppers.
Opinion

Opinion : seputar pesan yang ingin disampaikan 
  • Komunitas kami merupakan suatu wadah yang beragam dan memperlihatkan jika pemuda Bandung memiliki potensi yang sangat besar. Bagaimana cara menggali potensi diri adalah dengan terus mencari dirimu sendiri. Salah satunya kamu dapat berteman dengan siapapun dan peduli terhadap apapun agar kamu kelak dapat memimpin bangsa ini menggunakan hati.
VALS dalam Komunitas YOT Bandung

Jika sudah melihat AIO dalam komunitas YOT Bandung, dari 6 segmen VALS  komunitas ini termasuk dalam komunitas dengan segmen SOCIALLY CONCIUS yang memiliki ciri : pendapatan menengah keatas, peduli masalah manusia dan dunia, sadar ekologi dan lingkungan, mampu membedakan needs dan wants, pertumbuhan batin, idealistis. Beberapa bukti yang menunjukan bahwa mereka termasuk komunitas dengan segmen socially concius :
  • Peduli masalah manusia dan dunia : komunitas YOT ingin memfasilitasi anak muda Bandung yang memiliki ingin berkembang, berkontribusi positif dan memiliki ide yang dapat disalurkan di kegiatan YOT Bandung.
  • Sadar ekologi dan lingkungan : Learn and share yang komunitas YOT Bandung lakukan meliputi bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan lingkungan. 
  • Mampu membedakan needs dan wants : kebanyakan anggota komunitas YOT menjadi smart shoppers dan mengikuti perkembangan ekonomi.
  • Pertumbuhan batin : pertemuan yang membahas mengenai kepemimpinan anggota komunitas YOT Bandung sebagai president, vice president, and minister mengenai kelebihan dan kekurangan juga saling memecahkan masalah bersama.
Mitos dalam Komunitas YOT Bandung

Mitos dalam Komunitas YOT bandung adalah kesuksesan tidak hanya dari uang saja tapi dari keinginan untuk berbagi hal apapun yang dimiliki baik ilmu, pengalaman, tulisan atau hal lainnya.

Print Ad dan Ikon Indeks serta Simbol



Ikon
  • Matahari
  • Seorang wanita
  • Bola Baseball
Indeks
  • Body Copy pada print ad tersebut menjelaskan tentang Hostos Community College.
  • Kata "I am Hostos" menandakan bawa Lina Cruz adalah seorang anggota dari komunitas Hostos.
  • Ekspresi sang wanita yang menunjukan bahwa ia sedang tersenyum
  • Gestur wanita yang menunjukan bahwa ia sedang bergaya.
  • Tanda tangan Lina Cruz merupakan ciri dari seorang Lina Cruz.
Simbol
  • Logo Hostos Community College.
  • Logo The City University of  New York.








1 komentar:

  1. Kepercayaan misal : YOT itu keren, YOT itu wadah cari teman dll.

    peningkatan semangat bukan artifak.

    AIO coba cek catatan pepsi.

    Kesimpulan VALS tidak tepat.

    BalasHapus